Selasa, 12 Juli 2011

Money equals to monkey


Money  politic seperti nya sudah wajar di Indonesia ini.. Tapi makin ke hari-hari ini ternyata makin banyak money talks.. Money laundry lah.. Semuanya money !! Kita mengambil sesuatu kita bayar, membuang juga bayar.. Intinya, tidak ada yang gratis di dunia ini deh !

Kalo ngomongin soal uang jadi ingat lagu yang judul nya "Price Tag" yang dipopulerkan oleh Jessie J. Reffrain nya tuh: 

It’s not about the money, money, money
We don’t need your money, money, money
We just wanna make the world dance,
Forget about the Price Tag

Hari ini gw pengen membagi sedikit tips untuk menghemat uang saat mau main ke mana saja!
  1. Sebelum pergi pastikan kendaraan lu sudah terisi penuh bensinnya.. Kalau sekarat bensin nya, minta orang rumah lu pergi dulu kemana pakai kendaraan itu dan berharaplah 75% bensin anda terisi cukup saat kembali..
  2. Makan yang cukup kenyang, minum air putih yang cukup. Tapi, sebelum eksekusi lu harus membuang isi perut lu dan air-air nya. Tujuannya supaya hemat biaya makan dan toilet di mall (kalo ada). Di sisi lain, mana ada sih yang sakit perut atau mag waktu lagi hang out sama teman-teman.
  3. Biasakan bawa tas selempang buat jalan-jalan. Isi dengan air minum dari rumah (versi ekstreme: bawa bekal dari rumah untuk makan di tempat tujuan, contohnya di bioskop). Hitung-hitung mengurangi sampah plastik, kita bisa nyelamatin bumi kita juga kan? Hehehe..
  4. Cobalah ajak teman sebanyak-banyak nya dan usahakan salah satu dari mereka sudah pasti membawa kartu member atau hal sejenisnya.
  5. Carilah parkiran yang bukan di mall. Contoh: rumah teman dekat tempat tujuan, area parkir yang ramai tapi murah (pastikan bawa kunci cakram untuk motor dan kunci setang untuk mobil)..
  6. Kalau mau ke tempat semacam pasar tradisional atau pun pasar yang murah, perhatikan pakaian kita. Soalnya, ada beberapa pedagang yang berprinsip "Pakaian yang di pakai konsumen mencerminkan harga yang harus ditawarkan".
  7. Hindari beli minuman berkaleng atau yang terlalu menarik packing nya. Soalnya mereka itu menipu! Waktu itu pernah beli minuman Rp 20.000 sama temen patungan. Gayanya sih kaya minuman kelas atas. Tapi rasanya mirip Fanta yang harga nya di bawah Rp 5.000 : (
  8. Coba kumpulkan bon-bon belanja lu dan di bukukan. Jadi, bisa di cek gara-gara apa uang kita habis terus?
  9. Menebeng mobil dan motor teman itu adalah hal yang bijak dan sehat karena mengurangi polusi.
  10. Matikan mesin kendaraan saat menunggu setopan yang lama (di Yogyakarta ada yang sampai 200 detik loh setopannya sampai ada tulisan digital di atas setopan "Matikan mesin kendaraan anda selagi menunggu lampu merah". Kalau lewat 10 setopan yang lama setiap hari setidaknya 1/8 tangki sudah selamat deh.. Bayangkan kalo semua kendaraan di dunia melakukan ini. Berapa ribu kg emisi karbon yang sudah kita kurangi? : )
  11. Mencicipi tester adalah cara akurat menyemil gratis.
  12. Selalu bawa helm ekstra buat yang mau maen rame-rame. Siapa tahu ada yang butuh nebeng ! 
  13. Biasakan kembalian receh disimpan di dompet dan jangan di buka kalau tidak urgent.  Kalo nggak, simpan uang pecahan besar di kaos kaki sepatu. Kalo ga kepepet banget kan ga mungkin lu buka sepatu di depan teman-teman lu dan buka kaos kaki nya? Hiihh!
  14. Bikin janji sama teman sesudah jam makan siang biar ga makan di luar,
  15. Hindari buat cowo-cowo main dengan cewe yang disukainya kalo hanya kurang dari 4 orang teman jalan mu. Alasannya, kita cenderung pengen neraktir biar terkesan baik (dan bodoh) , juga karena kata nenek itu berbahaya : p
  16. Gunakan metode minum Starbuck di mana pun kita minum. Jadi, mau minum teh juga sedotnya pelan-pelan kaya minum di Starbuck. LoL
  17. Jualan barang-barang seperti pulsa yang bisa saja dibutuh kan teman lu saat lagi jalan. Lumayan nambah uang jajan loh! 
  18. Kalau ga nemu makanan yang murah dan mengenakkan carilah makanan yang murah dan mengenekkan. Di jamin keduanya bikin lu ga mau makan lagi!
  19. Hindari menu yang tampilannya menarik dan namanya kurang umum. Terkadang, porsinya walaupun reguler tapi isinya sih small. (ini berlaku buat yang mau makan kenyang saja).
  20. Kalau pergi cek dulu kondisi fisik uang kita. Pernah gw di Jakarta bayar bensin Rp 100.000 cuman gara-gara robek sedikit di tolak. Memang ada sepertinya beberapa tempat yang menetapkan standar fisik uang dengan tinggi --
Itu beberapa saja tips dari gw karena terkadang untuk menghemat money kita harus sedikit berlaku seperti "monkey" (bukan secara harafiah yaa).. Segitu saja hari ini.. Alangkah indah nya dunia kalau segala sesuatu ga diukur dengan uang saja kaya lirik lagu tadi.. Jadi, ga perlu ada posting gw macam gini hehehe.. Masa air kencing aja dihargai Rp1.000? Ahahaha.. 

*Harap 20 tips yang ada di sini tidak diterapkan secara sekaligus karena memungkinkan anda dicap pelit oleh siapa saja ! Hemat dan pelit itu mirip tapi berbeda jauh..



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Any comments are welcomed :)